Profil

Prof. Almasdi SyahzaProf. Dr. H. Almasdi Syahza, SE., MP, lahir di Tanjung Alam tanggal 22 Agustus 1960.  Setelah tamat dari SMA Negeri 1 Bukit Tinggi  tahun 1981, melanjutkan pendidikan pada Fakultas Ekonomi, Jurusan Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangungan  Universitas Bung Hatta Padang dan memperoleh gelar Sarjana Ekonomi Tahun 1986.  Menikah dengan Dra. Mitri Irianti, MSi dan saat ini telah dikurnia tiga orang putra dan putri yaitu: Brilliant A.Smit; Honest H. A.Smit; dan Putri Fadhillah A,Smit. Sejak bangku kuliah, Almasdi Syahza telah mulai bekerja pada perusahaan jasa Komputer Indonesia Computer Enterprice (ICE)  Padang tahun 1982-1986. Dengan modal keterampilan komputer dia diterima bekerja di Yayasan Pendidikan Cendana  tahun 1987-1989 sebagai guru komputer pada SMA Cendana. Seiring profesi sebagai guru SMA, dia mendapatkan tugas juga sebagai dosen Komputer di Fakultas Ekonomi Universitas Lancang Kuning tahun 1988-1991.

Tahun 1990 Almasdi Syahza tercatat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) tenaga pengajar di Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Riau.Tahun 1993-1995 melanjutkan pendidikannya ke Program Pascasarjana Universitas Padjadjaran Bandung (PPS Unpad) pada bidang studi Ekonomi Pembangunan Pertanian, memperoleh gelar Magister Pertanian (MP). Tahun 2001-2004, kembali melanjutkan studi di PPS Unpad bidang kajian utama Ekonomi Pedesaan, dan  berhasil memperoleh gelar Doktor. Kepadanya diberikan kepercayaan mengasuh Mata Kuliah Ekonomi Pembangunan, Ekonomi Makro, Ekonomi Sumberdaya Manusia dan Alam, Manajemen Agribisnis. Pada Program Pascasarjana mengampu matakuliah Filsafat Ilmu, Strategi Agribisnis, dan Metodologi Penelitian.

Sejak tahun 1997 telah aktif melakukan penelitian, mengikuti seminar, dan menulis artikel pada jurnal penelitian. Selama periode 1995-2016, telah melakukan 72 buah kegiatan penelitian. Telah menghasilkan tulisan sebanyak 29 buah yang dimuat di jurnal terakreditasi,  dan 25 buah yang dimuat pada prosiding dan jurnal non terakreditasi. Berkat keyakinannya sebagai peneliti, pada tahun 2000 terpilih sebagai peneliti terbaik universitas Riau, tahun 2001 terpilih sebagai peneliti terbaik Dosen Muda oleh DP3M Dikti Jakarta. Tahun 2002 kembali memperoleh peneliti terbaik bidang Sosial yang diadakan oleh Lembaga Penelitian Universitas Riau. Prestasi kerja diperolehnya lagi pada tahun 2005, yaitu dia terpilih sebagai dosen berprestasi  di tingkat Universitas Riau. Pada tahun 2007 oleh Badan Penjaminan Mutu Universitas Riau menetapkan Prof. Dr. Almasdi Syahza, SE., MP sebagai dosen bermutu di bidang pembelajaran tingkat universitas. Pada tahun 2008 kembali terpilih sebagai peneliti terbaik melalui penelitian Fundamental oleh DP2M Dikti Jakarta dan penulis artikel nasional terbaik tingkat Universitas Riau. Tahun 2009 terpilih sebagai alumni berprestasi oleh Universitas Bung Hatta Padang. Penerima penelitian Hibah Kompetensi dari DP2M Dikti Jakarta tahun 2009 dan juga penerima penelitian Strategis Nasional tahun 2009. Pada Tahun 2010 dan 2011 kembali terpilih sebagai penerima penelitian Hibah Kompetensi Tahun ke 2 dan ke 3 dari DP2M Dikti Jakarta.Tahun 2012 dan 2013 kembali penerima hibah Penelitian Fundamental dari DP2M Dikti Jakarta. Dikti juga memberikan kepercayaan pada Hibah Penelitian MP3EI selama 3 tahun (tahun 2012-2014). Dosen berprestasi tingkat Universitas Riau tahun 2012 dan dosen peneliti terbaik di tingkat Universitas Riau. Pada Maret 2013 terpilih sebagai pemakalah terbaik pada Semirata BKS-PTN Wilayah Barat bidang ilmu pertanian di Pontianak. Pada tahun yang sama terpilih sebagai peneliti bermutu tingkat Fakultas Keguruan Unri. Peneliti terbaik Universitas Riau tahun 2013. Semirata BKS-PTN Wilayah Barat bidang ilmu pertanian di Bandar Lampung tahun 2014 terpilih sebagai pemakalah terbaik dan poster terbaik. Penerima hibah penelitian MP3EI tahun 2015-2017.

Tepatnya tanggal 14 Januari 2005, diberikan kepercayaan oleh Rektor Universitas Riau menjabat Sekretaris Lembaga Penelitian Universitas Riau sampai tahun 2006. Sejak Mei 2006-2011 menjadi Ketua Badan Penjaminan Mutu di FKIP Universitas Riau. Kepadanya juga diberikan kepercayaan sebagai Kepala Badan Pengkajian Koperasi dan Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat (BPKPEM), dan Kepala Badan Pengkajian Pendidikan Dasar dan Menengah (BPPDM) FKIP Universitas Riau.

Dengan penuh keyakinan melaksanakan tridarma perguruan tinggi, aktif dalam proses pembelajaran, tekun dalam penelitian, rajin mengikuti seminar, baik sebagai pembicara maupun peserta, dan melaksanakan pengabdian pada masyarakat, maka sejak 1 Mei 2005 Menteri Pendidikan Nasional memberikan jabatan akademik tertinggi yakni Guru Besar Tetap (Profesor) dalam bidang ilmu Ekonomi Pembangunan pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Sampai saat ini masih aktif melakukan penelitian yang berkaitan dengan ilmu ekonomi, antara lain: ekonomi pedesaan, agribisnis, penelitian kebijakan (terutama yang terkait dengan ekonomi). Disamping aktif penelitian juga aktif mengajar dan membimbing pada program pascasarjana. Sejak tahun 2007 menjadi anggota Dewan Riset Daerah Propinsi Riau, sebagai asesor sertifikasi guru dan dosen di Universitas Riau. Jabatan terakhir yang diemban adalah Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Riau (LPPM UR) sejak Januari 2015.

Alamat Kantor:
Gedung LPPM Universitas Riau
Kampus Binawidya kn 12,5 Pekanbaru, Indonesia


Comments

Profil — 3 Comments

  1. sunggu luar biasa,,prof.Al,,dengan ilmunya smgo semakin membrikan mamfaat yang lebih besar untuk kemajuan dan kesejateraan rakyat indonesia,,,dan mhon bimbingan prof..agar saya bsa lebih memahami arti ilmu dan pengetahuan dalam kehidupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

eighteen − 15 =